https://ijefbm.stiembi.ac.id/index.php/ijefbm/issue/feedIndonesian Journal Entrepreneurship Finance and Business Management2025-11-20T03:57:35+00:00Dr. Marwan effendi, SE, MMprodi.mj@stiembi.ac.idOpen Journal Systems<p>Indonesian Journal Entrepreneurship Finance and Business Management (IJEF-BM), dengan SK Nomor 055/STIE MBI/II/2023, merupakan jurnal peer-review yang diterbitkan dua kali dalam setahun (April dan Oktober) oleh Program Studi Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Manajemen Bisnis Indonesia Depok. IJEF-BM adalah jurnal yang dimaksudkan menerbitkan artikel hasil penelitian tentang bisnis.</p> <p>IJEF-BM mengundang naskah dalam bidang kewirausahaan, <em>behavioral finance</em> dan fungsional manajemen pemasaran, manajemen keuangan, manajemen strategis, manajemen operasi, manajemen sumber daya manusia, e-bisnis, manajemen investasi, manajemen produksi, ekonomi bisnis.</p> <p><em>Indonesian Journal Entrepreneurship Finance and Business Management (IJEF-BM), is a peer-reviewed journal published twice in a year (April and Oktober) by Program Studi Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Manajemen Bisnis Indonesia, Depok. IJEF-BM is a journal intended to publish research articles about business.</em></p> <p><em>The IJEF-BM invites manuscripts in the various topics include entrepreneurship, behavioral finance and functional marketing management, financial management, strategic management, operations management, human resource management, e-business, investment management, production management, business economics.</em></p>https://ijefbm.stiembi.ac.id/index.php/ijefbm/article/view/95Analisis Rasio Profitabilitas Dan Rasio Solvabilitas Terhadap Kinerja Keuangan PT. Gojek Tokopedia (GOTO) Tbk, Jakarta.2025-10-30T03:56:33+00:00Yohan Nurdiansyahyohan.nurdiansyah@stiembi.ac.idDella Shintiadellashintia44@gmail.comJohan -joepnipb@gmail.comWindi Handayanindewindy@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan di PT. Gojek Tokopedia(GOTO) Tbk, Jakarta. periode 2022-2024 berdasarkan rasio solvabilitas dan rasio profitabilitas. Jenis Penelitian ini deskriptif kuantitatif, Penelitian ini menggunakan laporan keuangan PT. Gojek Tokopedia (GOTO) Tbk, Jakarta sebagai populasi, neraca serta laporan laba rugi keuangan PT. Gojek Tokopedia (GOTO) Tbk, Jakarta menjadi sampel selama tiga tahun (2022–2024). Analisis rasio solvabilitas serta profitabilitas artinya teknik analisis data yang dipergunakan pada penelitian ini. yang akan terjadi analisis rasio solvabilitas memberikan bahwa baik sisi DAR serta DER berada pada bawah standar industri rata-rata, dan sisi TIE perusahaan tidak bisa membayar bunga utang. Analisis rasio profitabilitas dari sisi ROA, ROE dan ROS menunjukkan bahwa kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba kurang baik serta belum mampu memaksimalkan semua sumber daya dalam menghasilkan untung bersih.</p>2025-11-11T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Yohan Nurdiansyah, Della Shintia, Johan -, Windi Handayanihttps://ijefbm.stiembi.ac.id/index.php/ijefbm/article/view/97Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kantor Desa Cinangka Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor2025-11-11T02:57:29+00:00Agus Aminsyahagusaminsyah75@gmail.comAri Raya Wicaksonoariryawicaksono@gmail.comRifaldiansyah Rifaldiansyahrfldnsyh18@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan informasi berupa penjelasan yang lebih mendalam tentang pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat. Dan memperoleh hasil dari olahan data tentang seberapa besar kualitas pelaynaan terhadap kepuasan masyarakat.</p> <p> Metode yang digunakan adalah kualitas atau sebab akibat dengan metode pengaruh. Jenis penelitian adalah deskriptik dan verifkatif dengan populasi dan sampel yang digunakan berjumlah 100 orang responden masyarakat yakni dengan bentuk kajian lapangan dan survey langsung melalui penyebaran angket kuesioner.</p> <p>Hasil koefisien korelasi diperoleh nilai r kualitas pelayanan 0,881 ini berarti ada korelasi positif dengan tingkat hubungan kuat yang menunjukan bahwa peningkatan kualitas pelayanan dapat meningkatkan kepuasan masyarakat. Hasil koefisien determinasi (R<sup>2</sup>) 0,774 artinya 77,4% variabel independent yaitu kualitas dapat menjelaskan oleh variabel dependen yaitu kepuasan masyarakat. Sisanya 22,6% dijelaskan faktor lain yang tidak diteliti oleh penelitian ini. Hasil persamaan regresi yaitu Y = 5,606+ 0,838X dengan menggunakan metode analisis regresi sederhana variabel X (kualitas pelayanan) memiliki koefisien yang positif, berarti variabel bebas mempunyai pengaruh yang searah terhadap varaiabel Y (kepuasan masyarakat). Hasil dari pengujian hipotesis, diperoleh variabel kualitas pelayanan memiliki sig < 0,05 yaitu 0,000 artinya signifikan. t hitung = 18,424 dan t tabel = 1,984. Variabel kualitas pelayanan berhubungan positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat. Sehinggga hasil uji hipotesis variabel kualitas pelayanan (X) : H<sub>0</sub> ditolak dan H<sub>1</sub> diterima.</p>2025-11-11T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Agus Aminsyah, Ari Raya Wicaksono, Rifaldiansyahhttps://ijefbm.stiembi.ac.id/index.php/ijefbm/article/view/103Analisis Strategi Pemasaran Mie Gacoan Untuk Menarik Minat Konsumen Milenial Dan Gen Z Di Kota Depok2025-11-11T03:09:46+00:00Eri Ristia Ningsiheriristianingsih2@gmail.comFerdi Dwi Oktavianferdi.verdi13@gmail.comFuad Hanafifuadhanafi04@gmail.comRumiyati Ningrumrumiyatiningrum6@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran yang diterapkan oleh Mie Gacoan dalam menarik minat konsumen milenial dan Gen Z. Sebagai brand kuliner yang berkembang pesat di Indonesia, Mie Gacoan berhasil membangun citra yang kuat melalui pendekatan pemasaran yang relevan dengan gaya hidup generasi muda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan analisis SWOT dengan pendekatan kualitatif dan deskriptif melalui studi literatur, dan analisis media sosial. Hasil analisis menunjukkan bahwa Mie Gacoan memanfaatkan strategi pemasaran berbasis digital, seperti penggunaan media sosial, serta branding yang kekinian dan dekat dengan tren anak muda. Selain itu, strategi penetapan harga yang terjangkau, inovasi menu yang unik, serta pengalaman makan yang menyenangkan menjadi faktor penentu dalam menarik minat konsumen milenial dan Gen Z. Temuan ini menunjukkan bahwa keberhasilan strategi pemasaran Mie Gacoan tidak hanya terletak pada produk, tetapi juga pada kemampuan memahami karakteristik dan preferensi target pasar.</p>2025-11-11T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Eri Ristia Ningsih, Ferdi Dwi Oktavian, Fuad Hanafi, Rumiyati Ningrumhttps://ijefbm.stiembi.ac.id/index.php/ijefbm/article/view/105PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN FASILITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN2025-11-11T03:16:08+00:00Anugerah Dachianugerahdachi@stiembi.ac.idChristifani Handayanichristifani.handayani@stiembi.ac.idSiti Afifah Khairunnisasiti.afifah@student.stiembi.ac.id Firda Yola Ananda Khanifah Putrifirda.yola@student.stiembi.ac.idJenny Lestari Aruanjenny.l@student.stiembi.ac.idMuhammad Alwy Hawarialwy.hawari@student.stiembi.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta memperoleh hasil dari olahan data mengenai seberapa besar pengaruh kualitas produk dan fasilitas layanan terhadap kepuasan pelanggan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode kausalitas. Jumlah sampel sebanyak 30 pelanggan. Berdasarkan olahan data diketahui korelasi (R) X<sub>1</sub> dengan Y yaitu 0,279. Dan korelasi (R) X<sub>2</sub> dengan Y 0,070. Koefisien determinasi X<sub>1</sub> dengan Y 0,078 dan X<sub>2</sub> dengan Y 0,005 sedangkan korelasi simultan X<sub>1</sub>, X<sub>2</sub> dengan Y 0,305 dan pengaruh simultan X<sub>1</sub>, X<sub>2</sub> dengan Y (R Square) 0,093. Sedangkan hasil uji hipotesis X<sub>1 </sub>diketahui t hitung -1,537 < t tabel 2,051, artinya H<sub>1</sub> ditolak H<sub>0</sub> diterima atau tidak terdapat hubungan dan pengaruh signifikan antara kualitas produk dengan kepuasan pelanggan. Sementara X<sub>2</sub> diketahui t hitung 0,372 < t tabel 2,051, artinya H<sub>2</sub> ditolak H<sub>0 </sub>diterima atau tidak terdapat hubungan dan pengaruh signifikan antara fasilitas layanan dengan kepuasan pelanggan. Hasil uji F diperoleh f hitung 1,384 < f tabel 3,34, maka X<sub>1</sub>, X<sub>2</sub> tidak berpengaruh signifikan dengan Y.</p>2025-11-11T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Anugerah Dachi, Christifani Handayani, Siti Afifah Khairunnisa, Firda Yola Ananda Khanifah Putri, Jenny Lestari Aruan, Muhammad Alwy Hawarihttps://ijefbm.stiembi.ac.id/index.php/ijefbm/article/view/107ANALISA PENGARUH PERSEPSI DAN GAYA HIDUP TERHADAP MINAT MEMILIKI KARTU KREDIT (STUDI KASUS DI KOTA DEPOK)2025-11-11T03:52:34+00:00Ageng Nugrohoagengnugroho.s@gmail.comDefi Rizka Rahmawatidefirizkarahmawati@gmail.comSiti Khonifahsitikhonifah15@gmail.comSusilawati Susilawatisusilawati@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi dan gaya hidup terhadap minat memiliki kartu kredit pada masyarakat Kota Depok. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei eksplanatori melalui kuesioner yang disebarkan kepada 300 responden berusia 20–40 tahun. Analisis data dilakukan dengan regresi linear berganda menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi dan gaya hidup berpengaruh positif serta signifikan terhadap minat memiliki kartu kredit, baik secara parsial maupun simultan. Gaya hidup memiliki pengaruh lebih dominan dibandingkan persepsi. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,442 menunjukkan bahwa 44,2% variasi minat dapat dijelaskan oleh persepsi dan gaya hidup, sedangkan sisanya 55,8% dipengaruhi oleh faktor lain di luar model. Temuan ini menegaskan pentingnya strategi pemasaran kartu kredit yang memperhatikan pola hidup konsumen, serta perlunya edukasi keuangan untuk meminimalisasi risiko penggunaan kartu kredit.</p>2025-11-11T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Ageng Nugroho, Defi Rizka Rahmawati, Siti Khonifah, Susilawati Susilawatihttps://ijefbm.stiembi.ac.id/index.php/ijefbm/article/view/108Preferensi Konsumen dalam Memilih Platform Marketplace untuk Berbelanja Online2025-11-11T04:00:43+00:00Awaludin Awaludinawalchikal10@gmail.comIndra Yoga Pratamaindrayp1515@gmail.comNugroho Adi SetyawanNugroho281101@gmail.comRizal Andriansyahandriiansyah90@gmail.com<p>Perkembangan teknologi digital telah mengubah pola perilaku konsumen dalam melakukan aktivitas berbelanja. Marketplace sebagai platform digital penyedia berbagai produk kini menjadi pilihan utama masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji faktor-faktor yang memengaruhi preferensi konsumen dalam memilih plaform marketplace, seperti harga, promosi, kemudahan penggunaan, reputasi, dan layanan pengiriman. Metode penulisan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif berdasarkan studi literatur dan data survei terkini. Hasil kajian menujukkan bahwa konsumen Indonesia cenderung memilih platform yang menawarkan harga kompetitif, promosi menarik, serta memberikan rasa aman dalam bertransaksi. Pemahaman terhadap preferensi konsumen ini penting bagi pengelola marketplace untuk menyusun strategi pemasaran yang tepat.</p>2025-11-11T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Awaludin Awaludin, Indra Yoga Pratama, Nugroho Adi Setyawan, Rizal Andriansyahhttps://ijefbm.stiembi.ac.id/index.php/ijefbm/article/view/110PENGARUH KREADIBILITAS INFLUENCER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE PADA MAHASISWA2025-11-11T04:24:35+00:00Azzara Dian Kinantidiankinantiazzahra@gmail.comBalqis Umiamarohbalqisummiamaroh@gmail.comIrin Purwantiirinpurwanti86@gmail.comMaysaroh Maysarohrezamay4@gmail.comPri Pantjaningsihpripantjaningsih318@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kredibilitas influencer terhadap keputusan pembelian produk skincare pada mahasiswa. Kredibilitas influencer dalam penelitian ini diukur melalui tiga dimensi utama, yaitu keahlian, kepercayaan, dan daya tarik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif verifikatif. Sampel berjumlah 200 responden mahasiswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling, yaitu mereka yang pernah membeli produk skincare berdasarkan rekomendasi influencer di media sosial. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner skala Likert dan dianalisis melalui regresi linear sederhana dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 27.</p> <p>Hasil penelitian menunjukkan bahwa kredibilitas influencer berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk skincare pada mahasiswa. Secara parsial, kredibilitas influencer terbukti berpengaruh signifikan dengan nilai t hitung sebesar 5,134 lebih besar daripada t tabel 1,972, dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Secara simultan, kredibilitas influencer juga berpengaruh signifikan dengan nilai F hitung 265,170 lebih besar dari F tabel, serta tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,386 menunjukkan bahwa kredibilitas influencer mampu menjelaskan 38,6% variasi keputusan pembelian, sementara 61,4% sisanya dijelaskan oleh faktor lain di luar penelitian ini, seperti harga, kualitas produk, maupun citra merek.</p> <p>Implikasi dari penelitian ini menegaskan pentingnya kredibilitas influencer sebagai strategi pemasaran digital. Semakin tinggi tingkat keahlian, kepercayaan, dan daya tarik yang dimiliki influencer, semakin besar pula pengaruhnya terhadap pembentukan keputusan pembelian mahasiswa. Oleh karena itu, perusahaan skincare perlu selektif dalam memilih influencer agar strategi promosi menjadi lebih efektif dan berkelanjutan.</p>2025-11-11T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Azzara Dian Kinanti, Balqis Umiamaroh, Irin Purwanti, Maysaroh Maysaroh, Pri Pantjaningsihhttps://ijefbm.stiembi.ac.id/index.php/ijefbm/article/view/111The Direct Impact of Blockchain Basic Knowledge and Its Indirect Impact Through Moderating Adoption of Technology Utility Knowledge and Perceived Value to Risk Tolerance in Buying Interest of Crypto Assets2025-11-11T06:20:08+00:00Aries Ariesaries.eduksi@gmail.comRafica Diana SariRafica2210@gmail.comEly Yuliantielyyulianti17@gmail.comGalih RaefaniRaegalih25@gmail.com<p>Around the world, Blockchain as an innovation technology of computer science field has developed at a rapid pace, with various utilities across many sectors. The perceived value inherent in cryptographic products has also established crypto as a new asset class in the digital world. This phenomenon has driven an increment of public buying interest in crypto products as a new option within their investment portfolios.</p> <p>This research aims to explore more deeply the factors that influence the formation of value perception in cryptographic products and to what extent the public is aware of and can tolerate the risks that arise when they decide to purchase crypto as a digital asset for investment. The main factors we examine are the basic understanding of blockchain technology and knowledge of the adoption of its usefulness as cognitive and affective factors. This research relates to the study of consumer behaviour using the CAC (Cognitive-Affective-Conative) model approach. The respondents used as samples in this research activity are the citizens of Depok City.</p> <p>This research is conducted for academic and learning purposes only, and not for the purpose of influencing or encouraging the public to invest. We are not responsible for any losses, both material and non-material, arising from any investment actions taken by the public who may be influenced after reading the results of this research.</p>2025-11-11T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Aries Aries, Rafica Diana Sari, Ely Yulianti, Galih Raefanihttps://ijefbm.stiembi.ac.id/index.php/ijefbm/article/view/112Preferensi Konsumen dalam Memilih Produk Berdasarkan Kemudahan Aplikasi Digital Payment2025-11-11T06:28:44+00:00Savira Novta Qutratuainsaviranovtaq97@gmail.comSaskia Amara Audreysamaraaudrey175@gmail.comYuniyanto Yuniyantoyuniyantopdp@gmail.com<p>Penelitian ini berfokus pada analisis pengaruh preferensi konsumen serta pemilihan produk terhadap penggunaan aplikasi pembayaran digital. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan penyebaran kuesioner kepada 400 responden pengguna aktif, dan data dianalisis melalui SPSS 24. Hasil uji validitas dan reliabilitas membuktikan bahwa seluruh instrumen penelitian layak digunakan. Analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa baik preferensi konsumen (X1) maupun pemilihan produk (X2) memberikan pengaruh signifikan terhadap penggunaan aplikasi pembayaran digital (Y), di mana pemilihan produk memiliki pengaruh lebih dominan. Uji t membuktikan bahwa masing-masing variabel independen berpengaruh secara signifikan, sedangkan uji F menunjukkan keduanya berpengaruh secara simultan. Temuan ini menegaskan bahwa konsumen tidak hanya mengandalkan kenyamanan atau kebiasaan, tetapi juga memperhatikan fitur nyata seperti biaya transaksi yang rendah, keamanan, kecepatan, dan program <em>reward</em>. Penelitian ini memberikan rekomendasi agar pengembang aplikasi terus meningkatkan kualitas layanan, khususnya dalam hal keamanan, kemudahan penggunaan, serta manfaat finansial guna memperkuat loyalitas pengguna.</p>2025-11-11T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Savira Novta Qutratuain, Saskia Amara Audrey, Yuniyanto Yuniyantohttps://ijefbm.stiembi.ac.id/index.php/ijefbm/article/view/113Model Integratif Keputusan Pembelian: Menguji Peran Harga dan Brand image dengan explorasi E-WOM sebagai variable mediasi pada skincare Glad2Glow di Cibubur2025-11-11T06:45:52+00:00Loja Lestari Putripajeng85@gmail.comWinda AmeliaWinda.Amelia@studentstiembi.ac.idBunga Pebriyantibungapebrianti@gmail.comSusilo Utomosusilo.utomo@stiembi.ac.id<p>Riset ini bertujuan untuk untuk menganalisis secara lebih mendalam bagaimana peran E-WOM dalam mempengaruhi hubungan antara variabel-variabel independen harga dan Brand image dengan variabel dependen keputusan pembelian konsumen pada skincare Glad2Glow di Cibubur. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif, yang bertujuan untuk menguji hubungan antar variabel melalui data numerik yang dianalisis secara statistik. Data yang digunakan adalah data primer yaitu dengan menyebar kuesioner kepada responden menggunakan teknik sampling insidental. Sampel dalam penelitian ini adalah 207 pengguna skincare Glad2Glow di Cibubur. Teknik analisa data menggunakan metode SEM dengan alat bantu program aplikasi komputer Smart-PLS Versi 3.0. Hasil penelitian menunjukkan harga dan Brand image memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap E-WOM. Harga dan E-WOM memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan Brand image tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian. Kemudian secara tidak langsung E-WOM memiliki peran yang positif dan signifikan dalam memediasi pengaruh harga dan Brand image terhadap keputusan pembelian. Harga yang kompetitif dan citra merek yang positif mampu mendorong terbentuknya E-WOM yang menguntungkan, yang pada gilirannya meningkatkan minat dan keyakinan konsumen untuk membeli produk. Temuan ini menegaskan pentingnya strategi pemasaran yang tidak hanya berfokus pada penetapan harga dan penguatan Brand image , tetapi juga pada pengelolaan dan optimalisasi E-WOM sebagai saluran informasi dan pengaruh sosial yang efektif dalam memengaruhi perilaku konsumen.</p>2025-11-11T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Loja Lestari Putri, Winda Amelia, Bunga Pebriyanti, Susilo Utomohttps://ijefbm.stiembi.ac.id/index.php/ijefbm/article/view/114PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN FASILITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN2025-11-11T06:54:26+00:00Anugerah Dachianugerahdachi@stiembi.ac.idChristifani Handayanichristifani.handayani@stiembi.ac.idSiti Afifah Khairunnisasiti.afifah@student.stiembi.ac.idFirda Yola Ananda Khanifah Putrifirda.yola@student.stiembi.ac.idJenny Lestari Aruanjenny.l@student.stiembi.ac.idMuhammad Alwy Hawarialwy.hawari@student.stiembi.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta memperoleh hasil dari olahan data mengenai seberapa besar pengaruh kualitas produk dan fasilitas layanan terhadap kepuasan pelanggan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode kausalitas. Jumlah sampel sebanyak 30 pelanggan. Berdasarkan olahan data diketahui korelasi (R) X<sub>1</sub> dengan Y yaitu 0,279. Dan korelasi (R) X<sub>2</sub> dengan Y 0,070. Koefisien determinasi X<sub>1</sub> dengan Y 0,078 dan X<sub>2</sub> dengan Y 0,005 sedangkan korelasi simultan X<sub>1</sub>, X<sub>2</sub> dengan Y 0,305 dan pengaruh simultan X<sub>1</sub>, X<sub>2</sub> dengan Y (R Square) 0,093. Sedangkan hasil uji hipotesis X<sub>1</sub> diketahui t hitung -1,537 < t tabel 2,051, artinya H<sub>1</sub> ditolak H<sub>0</sub> diterima atau tidak terdapat hubungan dan pengaruh signifikan antara kualitas produk dengan kepuasan pelanggan. Sementara X<sub>2</sub> diketahui t hitung 0,372 < t tabel 2,051, artinya H<sub>2</sub> ditolak H<sub>0</sub> diterima atau tidak terdapat hubungan dan pengaruh signifikan antara fasilitas layanan dengan kepuasan pelanggan. Hasil uji F diperoleh f hitung 1,384 < f tabel 3,34, maka X<sub>1</sub>, X<sub>2</sub> tidak berpengaruh signifikan dengan Y.</p>2025-11-11T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Anugerah Dachi, Christifani Handayani, Siti Afifah Khairunnisa, Firda Yola Ananda Khanifah Putri, Jenny Lestari Aruan, Muhammad Alwy Hawarihttps://ijefbm.stiembi.ac.id/index.php/ijefbm/article/view/116PENGARUH GREEN MARKETING DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONSUMEN STARBUCKS COFFEE DI KOTA DEPOK2025-11-20T03:57:35+00:00Pri Pantjaningsihpri.pantjaningsih@stiembi.ac.idSarah Claudia Maramissarah.claudia@student.stiembi.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh green marketing dan citra merek terhadap keputusan pembelian konsumen pada Starbucks Coffee di Kota Depok. Fenomena penelitian didasarkan pada adanya variasi tingkat kepuasan pelanggan di beberapa gerai Starbucks yang mencerminkan perbedaan persepsi terhadap strategi pemasaran dan citra merek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kausalitas. Data primer diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden konsumen Starbucks di Kota Depok yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan menggunakan perangkat lunak SPSS versi 26 dengan uji regresi linear berganda.</p> <p>Hasil penelitian menunjukkan bahwa green marketing dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, baik secara parsial maupun simultan. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Y = 9,052 + 0,335X₁ + 0,445X₂ + e, dengan nilai koefisien determinasi (Adjusted R²) sebesar 0,595, yang berarti 59,5% variasi keputusan pembelian dijelaskan oleh kedua variabel independen, sementara 40,5% dipengaruhi faktor lain di luar penelitian. Nilai korelasi simultan sebesar R = 0,777 menunjukkan hubungan yang kuat antara green marketing dan citra merek dengan keputusan pembelian. Temuan ini menegaskan bahwa strategi pemasaran ramah lingkungan dan penguatan citra merek berperan penting dalam meningkatkan keputusan pembelian konsumen, khususnya pada industri coffee shop yang kompetitif seperti Starbucks Coffee.</p>2025-10-20T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Pri Pantjaningsih, Sarah Claudia Maramis