PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN FASILITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN

Authors

  • Anugerah Dachi
  • Christifani Handayani STIE Manajemen Bisnis Indonesia
  • Siti Afifah Khairunnisa STIE Manajemen Bisnis Indonesia
  • Firda Yola Ananda Khanifah Putri STIE Manajemen Bisnis Indonesia
  • Jenny Lestari Aruan STIE Manajemen Bisnis Indonesia
  • Muhammad Alwy Hawari STIE Manajemen Bisnis Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.64694/ijefbm.v3i01.114

Keywords:

Kualitas Produk, Fasilitas Layanan, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta memperoleh hasil dari olahan data mengenai seberapa besar pengaruh kualitas produk dan fasilitas layanan terhadap kepuasan pelanggan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode kausalitas. Jumlah sampel sebanyak 30 pelanggan. Berdasarkan olahan data diketahui korelasi (R) X1 dengan Y yaitu 0,279.  Dan korelasi (R) X2 dengan Y 0,070.  Koefisien determinasi X1 dengan Y 0,078 dan X2 dengan Y 0,005 sedangkan korelasi simultan X1, X2 dengan Y 0,305 dan pengaruh simultan X1, X2 dengan Y (R Square) 0,093. Sedangkan hasil uji hipotesis X1 diketahui t hitung -1,537 < t tabel 2,051, artinya H1 ditolak H0 diterima atau tidak terdapat hubungan dan pengaruh signifikan antara kualitas produk dengan kepuasan pelanggan. Sementara X2 diketahui t hitung 0,372 < t tabel 2,051, artinya H2 ditolak H0 diterima atau tidak terdapat hubungan dan pengaruh signifikan antara fasilitas layanan dengan kepuasan pelanggan. Hasil uji F diperoleh f hitung 1,384 < f tabel 3,34, maka X1, X2 tidak berpengaruh signifikan dengan Y.

Downloads

Published

2025-11-11