PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN FASILITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN
DOI:
https://doi.org/10.64694/ijefbm.v3i01.114Keywords:
Kualitas Produk, Fasilitas Layanan, Kepuasan PelangganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta memperoleh hasil dari olahan data mengenai seberapa besar pengaruh kualitas produk dan fasilitas layanan terhadap kepuasan pelanggan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode kausalitas. Jumlah sampel sebanyak 30 pelanggan. Berdasarkan olahan data diketahui korelasi (R) X1 dengan Y yaitu 0,279. Dan korelasi (R) X2 dengan Y 0,070. Koefisien determinasi X1 dengan Y 0,078 dan X2 dengan Y 0,005 sedangkan korelasi simultan X1, X2 dengan Y 0,305 dan pengaruh simultan X1, X2 dengan Y (R Square) 0,093. Sedangkan hasil uji hipotesis X1 diketahui t hitung -1,537 < t tabel 2,051, artinya H1 ditolak H0 diterima atau tidak terdapat hubungan dan pengaruh signifikan antara kualitas produk dengan kepuasan pelanggan. Sementara X2 diketahui t hitung 0,372 < t tabel 2,051, artinya H2 ditolak H0 diterima atau tidak terdapat hubungan dan pengaruh signifikan antara fasilitas layanan dengan kepuasan pelanggan. Hasil uji F diperoleh f hitung 1,384 < f tabel 3,34, maka X1, X2 tidak berpengaruh signifikan dengan Y.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Anugerah Dachi, Christifani Handayani, Siti Afifah Khairunnisa, Firda Yola Ananda Khanifah Putri, Jenny Lestari Aruan, Muhammad Alwy Hawari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

