Analisis Perbandingan Sebelum dan Sesudah menggunakan Media Pemasaran Online Terhadap Tingkat Penjualan di Toko Khazanah Blok B Pasar Tanah Abang
Keywords:
Offline, Online, Tingkat Penjualan, Tiktop ShopAbstract
Perkembangan teknologi yang cukup pesat memberikan dampak perubahan yang cukup signifikan bagi kehidupan manusia, perubahan yang dimaksud salah satunya adalah konsumen belanja kebutuhannya mengalami pergeseran dari membeli barang secara offline menjadi membeli barang secara online yang dapat diartikan juga terjadi perubahan metode pemasaran secara offline (datang langsung ke toko) menjadi online dimana metode pemasaran tersebut berpengaruh pada tingkat/volume penjualan.Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan antara sebelum dan sesudah menggunakan media online terhadap tingkat penjualan pada Toko Khazanah di pasar Tanah abang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah study lapangan (Field Research), obeservasi, dokumentasi serta wawancara. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dengan data yang diperoleh selama 2 tahun, setahun sebelum online dan setahun sesudah online.Teknik analisa data menggunakan rumus uji t sampel paired.Berdasarkan hasil analisa uji t sampel paired terima H1 apabila 2,990 > 1,795 pada penggunaan volume penjualan sebelum online dan sesudah online . terdapat perbedaan volume penjualan antara sebelum dan sesudah Online Shop karena nilai t hitung lebih besar dari t tabel. Kesimpulan Ho ditolak maka Ha diterima. Metode pemasaran online dengan strategi yang menarik dapat mempengaruhi/meningkatkan tingkat penjualan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Agus Diana Hermawan, Ahmad Fauzi, Muhamad Asis Arkan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.