Pengaruh Disiplin Kerja dan Diklat Terhadap Kinerja Karyawan
Keywords:
disiplin kerja, diklat, Kinerja KaryawanAbstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan kaijian yang lebih mendalam
tentang pengaruh disiplin kerja dan diklat terhadap kinerja karyawan.
Metode yang digunakan adalah kuantitatif, deskriftif dan verifikatif.
Dengan populasi karyawan dan sampel yang digunakan berjumlah 43
orang responden, dengan teknik sampling jenuh. Hasil pengujian
hipotesis membuktikan bahwa disiplin kerja dan diklat berpengaruh
positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Hasil dari pengujian
hipotesis di peroleh variabel disiplin kerja memiliki nilai sig < 0,05
yaitu 0,000 artinya signifikan. Hasil thitung = 6,300 > ttabel = 2,021.
Maka disiplin kerja berhubungan positif dan signifikan terhadap
kinerja karyawan dan variabel diklat memiliki nilai sig < 0,05 yaitu
0,004 artinya signifikan. Hasil thitung = 3,102 > ttabel = 2,021. Maka
diklat berhubungan positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.
Secara simultan disiplin kerja dan diklat berpengaruh positif terhadap
kinerja karyawan dengan nilai f hitung 47,703 > F tabel sebesar 3,22
dengan tingkat signifikan 0,00 < 0,05 sehingga hasil uji hipotesis : H1,
H2, H3 diterima dan Ho ditolak. Hasil koefisien korelasi diperoleh nilai
r disiplin kerja = 0,796 ini berarti ada hubungan kuat dan positif dan
nilai r diklat = 0,641 berarti ada hubungan kuat dan positif secara
simultan R = 0,839 yang menunjukkan bahwa peningkatan disiplin
kerja dan diklat pada umumnya dapat meningkatkan kinerja
karyawan, sehingga hubungan sangat kuat dan positif. Hasil KD (R2)
= 69,0%. Artinya 69,0% variabel independen yaitu disiplin kerja dan
diklat dapat menjelaskan oleh variabel dependen yaitu kinerja
karyawan.
ABSTRACT
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ade Rina, Resa Fitriani, Fitria, Agus Aminsyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.