Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Di Kantor Desa Tegal Waru Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor
-
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan informasi berupa penjelasan yang lebih mendalam tentang pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan. Dan memperoleh hasil dari olahan data tentang seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan.
Metode yang digunakan adalah kausalitas atau sebab akibat dengan metode pengaruh. Jenis penelitian adalah deskriptif dan verifikatif dengan populasi dan sampel yang digunakan berjumlah 100 orang responden masyarakat yakni dengan bentuk kajian lapangan dan survey langsung melalui penyebaran angket kuisioner
Hasil koefisien korelasi diperoleh nilai r kualitas pelayanan 0,788 ini berarti ada korelasi positif dengan tingkat hubungan kuat yang menunjukan bahwa peningkatan kualitas pelayanan dapat meningkatkan kepuasan. Hasil koefisien determinasi (R2) 0,617 artinya 61,7% variabel independent yaitu kualitas pelayanan dapat menjelaskan oleh variabel dependen yaitu kepuasan. Sisanya 38,3% dijelaskan faktor lain yang tidak diteliti oleh penelitian ini. hasil persamaan regresi yaitu Y = 10,816 + 0,747X dengan menggunakan metode analisis regresi sederhana variabel X (kualitas pelayanan) memiliki koefisien yang positif, berarti variabel bebas mempunyai pengaruh yang searah terhadap variabel Y (kepuasan). Hasil dari pengujian hipotesis, diperoleh variabel kualitas pelayanan memiliki sig < 0,05 yaitu 0,000 artinya signifikan. t hitung = 12,659 dan t tabel = 1,984. Variabel kualitas pelayanan berhubungan positif dan siginifikan terhadap kepuasan. Sehingga hasil uji hipotesis variabel kualitas pelayan (X) : H0 ditolak dan H1 diterima.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Cecep Setyadi, Agus Aminsyah, Ine Amelia Putri, mawaddah -

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.