Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian di Cafe Kopi Raja Ciampea Bogor

-

Authors

  • Yohan Nurdiansyah
  • Nawra Khuzaimah Azzahra
  • Helen Puspitasari STIE MBI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan informasi berupa penjelasan yang lebih mendalam tentang kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian. Dan memperoleh hasil dari olahan data tentang seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian.

Metode yang digunakan adalah kausalitas atau sebab akibat dengan metode pengaruh. Jenis penelitian adalah deskriptif dan verifikatif dengan populasi dan sampel yang digunakan berjumlah 100 orang responden konsumen yakni dengan bentuk kajian lapangan dan survey langsung melalui penyebaran angket kuesioner.

Hasil koefisien korelasi diperoleh nilai R kualitas pelayanan 0,913 ini berarti ada korelasi positif dengan tingkat hubungan sangat kuat yang menunjukan bahwa peningkatan kualitas pelayanan dapat meningkatkan Keputusan Pembelian. Hasil koefisien determinasi (R²) 0,833 artinya 83,3% variabel independen yaitu kualitas pelayanan dapat menjelaskan oleh variabel dependen yaitu keputusan pembelian Sisanya 16,7% dijelaskan faktor lain yang tidak diteliti oleh penelitian ini. Hasil persamaan regresi yaitu Y = 3,926 + 0,833X dengan menggunakan metode analisi regresi linear. Variabel X ( Kualitas Pelayanan) memiliki koefisien yang positif, berarti seluruh variabel variabel bebas mempunyai pengaruh yang searah terhadap variabel Y (Keputusan Pembelian). Hasil dari pengujian hipotesis,diperoleh variabel kualitas pelayanan memiliki sig > 0,05 yaitu 0,000 artinya signifikan. t hitung = 22,112 dan t table 1,984 . Variabel kualitas pelayanan berhubungan positif sehingga  berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sehingga hasil uji hipotesis variable Kualitas Pelayanan(X) : H0 ditolak dan H1 diterima.

Downloads

Published

2024-10-15