Dampak Harga Terhadap Penjualan di Toko Kang Boeher
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan informasi berupa penjelasan yang lebih rinci tentang pengaruh harga terhadap penjualan. Serta memperoleh hasil dari olahan data tentang seberapa besar pengaruh harga terhadap penjualan.
Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kausalitas atau sebab-akibat dengan dengan fokus pada pengaruh. Jenis penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel yang digunakan berjumlah 100 orang responden yakni komsumen Toko Kang Boeher. Data dikumpulkan melalui kajian lapangan dan survei langsung dengan menyebarkan kuesioner. Kemudian metode yang akan dianalisis menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan SPSS V25.
Hasil koefisien korelasi diperoleh nilai r harga 0,818 ini berarti ada korelasi positif dengan tingkat hubungan kuat yang menunjukan bahwa peningkatan harga dapat meningkatkan penjualan. Hasil koefisien determinasi (R²) 0,665 artinya 66,5% variabel independen yaitu harga dapat menjelaskan oleh variabel dependen yaitu penjualan. Sisanya 33,5% dijelaskan faktor lain yang tidak diteliti oleh penelitian ini. Hasil persamaan regresi yaitu Y = 6,985 + 0,814X dengan menggunakan metode analisis regresi sederhana variabel harga (X) memiliki koefisien yang positif, berarti variabel bebas mempunyai pengaruh yang searah terhadap variabel penjualan (Y). Hasil dari pengujian hipotesis, diperoleh variabel harga memiliki sig < 0,05 yaitu 0,000 artinya signifikan. t hitung = 14,055 dan t tabel = 1,984. Variabel harga berhubungan positif dan siginifikan terhadap penjualan. Sehingga hasil uji hipotesis variabel harga (X): H0 ditolak dan H1 diterima.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Enti Lestari, Miranti Adi Mahesa, Andy Rustandy
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.