PENGARUH KERAGAMAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKO UD MAKMUR CIMAYANG BOGOR

Authors

  • Jeni Resmi Tarini ZeNny PraTama -
  • Citra Anjeli
  • Zakiyatunnufus Alhidayati

Keywords:

Keragaman produk, keputusan pembelian

Abstract

Metode yang digunakan adalah causalitas atau sebab akibat dengan
metode pengaruh. Jenis penelitian adalah deskriptif dan verifikatif
dengan populasi dan sampel yang berjumlah 96 orang responden
pelanggan pengolahan data dengan SPSS versi 25.
Hasil persamaan regresi linier adalah Y = 17,745 + 0,549X, dengan
menggunakan metode analisis regresi sederhana. Hasil dari pengujian
hipotesis di peroleh variabel keragaman produk memiliki nilai sig <
0,05 yaitu 0,000 artinya signifikan. Hasil thitung = 7,684 > ttabel =
2,47863. Maka keragaman produk berhubungan signifikan dengan
keputusan pembelian sehingga hasil uji hipotesis : H1 diterima dan Ho
ditolak. Hasil koefisien korelasi diperoleh nilai r keragaman produk =
0,621 ini berarti ada hubungan kuat dan positif. Hasil KD (R2
) =37,9%.
Artinya 37,9% variabel independen yaitu keragaman produk dapat
menjelaskan oleh variabel dependen yaitu keputusan pembelian.
Sisanya 62.1% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam
penelitian ini.

Downloads

Published

2024-08-15