Desain Produk Dan Gaya Hidup Terhadap Minat Beli Sandal Karet Di Toko Sandal Ban Grosir

Authors

  • kiki kiki -
  • Ilham Kudratul Alam
  • Encep Sujai

Keywords:

Desain Produk, Gaya Hidup, Minat Beli, Product design, Lifestyle on, Buying interests

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk menghasilkan infomasi berupa penjelasan yang lebih mendalam tentang pengaruh desain produk dan gaya hidup terhadap minat beli sandal karet di toko sandal ban grosir (Studi Pada Mahasiswa MBI). Dan memperoleh hasil dari olahan data tentang seberapa besar hubungan dan pengaruh desain produk dan gaya hidup terhadap minat beli.

Metode yang digunakan adalah causalitas atau sebab akibat dengan metode pengaruh. Jenis penelitian adalah deskriptif dan verifikatif dengan populasi dan sampel yang berjumlah 96 orang responden mahasiswa di MBI, pengolahan data dengan SPSS versi 25.

Hasil persamaan regresi linier berganda adalah Y = 3,788 + 0, 442 X1 + 0, 447 X2 + e, dengan menggunakan metode analisis regresi berganda. Hasil dari pengujian hipotesis di peroleh variabel desain produk memiliki nilai sig < 0,05 yaitu 0,000 artinya signifikan. Hasil thitung = 5,914 > ttabel = 1,98472. Maka desain prduk berhubungan positif dan signifikan terhadap minat beli dan variabel gaya hidup memiliki nilai sig < 0,05 yaitu 0,000 artinya signifikan. Hasil thitung = 6,079 > ttabel = 1,98472. Maka gaya hidup berhubungan positif dan signifikan terhadap minat beli. Secara simultan desain produk dan gaya hidup berpengaruh positif terhadap minat beli dengan nilai f hitung 122,959 > F tabel sebesar 3,09 dengan tingkat signifikan 0,00 < 0,05 sehingga hasil uji hipotesis : H1, H2, H3 diterima dan Ho ditolak. Hasil koefisien korelasi diperoleh nilai r desain produk = 0,781 ini berarti ada hubungan kuat dan positif dan nilai r gaya hidup = 0,784 berarti ada hubungan kuat dan positif secara simultan R = 0,847 yang menunjukkan bahwa peningkatan desain produk dan gaya hidup kuat dan positif. Hasil KD (R2) = 71,1 %. Artinya 71,1% variabel independen yaitu desain produk dan gaya hidup dapat menjelaskan oleh variabel dependen yaitu minat beli. Sisanya 28,9% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. 

 

Downloads

Published

2024-08-15