Pengaruh Promosi Terhadap Minat Siswa Bersekolah di SMK Cipta Insani, Cinangka, Ciampea, Kab. Bogor

-

Authors

  • Ilham Kudratul Alam
  • Ahmad Syarif Hidayat
  • Risma Nursoleha
  • Siti Maulandia -

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan informasi berupa penjelasan yang lebih dalam dan memperoleh hasil dari olahan data tentang seberapa besar pengaruh promosi terhadap minat beli.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dan verifikatif dengan populasi dan sampel yang digunakan berjumlah 100 orang responden orang tua calon siswa yakni dengan bentuk kajian lapangan dan survey langsung melalui penyebaran angket kuisioner.

Hasil koefisien korelasi (r) sebesar 0,943 dengan signifikansi 0,000. Hal tersebut dapat diartikan bahwa terdapat korelasi positif antara promosi dengan minat beli dengan tingkat hubungan yang sangat kuat dan positif atau searah dan korelasi tersebut signifikan karena p < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. Hasil koefisien determinasi diketahui Adjusted R Square bahwa kontribusi variabel promosi terhadap variabel minat beli sebesar 0,889 atau 88,9% dan sisanya sebesar 11,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Hasil persamaan regresi linear sederhana antara variabel X dan Y adalah : Y = 1,398 + 0,920X + e.  Jika promosi diberisi 1 satuan, maka Penjualan bernilai sebesar 1,398 satuan. Jika promosi ditingkatkan 100%, maka akan diikuti dengan peningkatan minat beli sebesar 92%, dengan asumsi variabel lain tidak mengalami perubahan. Hasil dari pengujian hipotesis, diperoleh nilai t hitung untuk Promosi (X) yaitu nilai t hitung lebih besar dari t tabel (17.674 > 1,984) dan nilai taraf signifikan dibawah 0,05 yaitu 0,000. Artinya : Variabel promosi secara parsial terbukti berhubungan signifikan dengan minat beli, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima.

Downloads

Published

2024-10-15