IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PERSERTA DIDIK (STUDI SMK HARAPAN BANGSA DEPOK)
Keywords:
Strategi Pemasaran, Meningkatkan Perserta DidikAbstract
Lembaga pendidikan, khususnya sekolah, memiliki peran integral dalam mewujudkan aspirasi pendidikan nasional. Guna mencapai tujuan tersebut, setiap sekolah menetapkan visi dan misi. Untuk mencapai visi dan misi tentu perlu adanya strategi di dalamnya. Salah satu strategi yang dapat digunakan oleh sekolah dalam mengenalkan visi dan misi yaitu strategi pemasaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan tujuan untuk menggali fakta tentang Implementasi Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Perserta Didik yang dilakukan oleh SMK Harapan Bangsa Depok. Berdasarkan pembahasan dan kesimpulan maka dapat diimplementasikan oleh SMK lain yang sejenis untuk meningkatkan efektivitas strategi pemasaran, seperti: 1) Menyusun dokumen strategi pemasaran yang lebih matang dan terstruktur, 2) menciptakan strategi diferensiasi yang kuat dengan menonjolkan keunikan program studi atau fasilitas yang tidak dimiliki sekolah lain, 3) Melakukan promosi lebih awal dan berkelanjutan, 4) Pemanfaatan digital marketing yang optimal, 5) Memperluas jangkauan pemasaran, 6) Meningkatkan efektivitas word of mouth maupun elektronic word of mouth, 7) Kolaborasi dengan Komite Sekolah, 8) Memperkuat citra sekolah sebagai lembaga pendidikan yang juga mampu memberikan pendidikan berkualitas.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aan Yulianto, Harjito

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.