Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kantor Desa Cinangka Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor

-

Authors

  • Agus Aminsyah STIE Manajemen Bisnis Indonesia
  • Ari Raya Wicaksono STIE Manajemen Bisnis Indonesia
  • Rifaldiansyah Rifaldiansyah STIE Manajemen Bisnis Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.64694/ijefbm.v3i01.97

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan informasi berupa penjelasan yang lebih mendalam tentang pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat. Dan memperoleh hasil dari olahan data tentang seberapa besar kualitas pelaynaan terhadap kepuasan masyarakat.

            Metode yang digunakan adalah kualitas atau sebab akibat dengan metode pengaruh. Jenis penelitian adalah deskriptik dan verifkatif dengan populasi dan sampel yang digunakan berjumlah 100 orang responden masyarakat yakni dengan bentuk kajian lapangan dan survey langsung melalui penyebaran angket kuesioner.

Hasil koefisien korelasi diperoleh nilai r kualitas pelayanan 0,881 ini berarti ada korelasi positif dengan tingkat hubungan kuat yang menunjukan bahwa peningkatan kualitas pelayanan dapat meningkatkan kepuasan masyarakat. Hasil koefisien determinasi (R2) 0,774 artinya 77,4% variabel independent yaitu kualitas dapat menjelaskan oleh variabel dependen yaitu kepuasan masyarakat. Sisanya 22,6% dijelaskan faktor lain yang tidak diteliti oleh penelitian ini. Hasil persamaan regresi yaitu Y = 5,606+ 0,838X dengan menggunakan metode analisis regresi sederhana variabel X (kualitas pelayanan) memiliki koefisien yang positif, berarti variabel bebas  mempunyai pengaruh yang searah terhadap varaiabel Y (kepuasan masyarakat). Hasil dari pengujian hipotesis, diperoleh variabel kualitas pelayanan memiliki sig < 0,05 yaitu 0,000 artinya signifikan. t hitung = 18,424 dan t tabel = 1,984. Variabel kualitas pelayanan berhubungan positif dan signifikan  terhadap kepuasan masyarakat. Sehinggga hasil uji hipotesis variabel kualitas pelayanan (X) : H0 ditolak dan H1 diterima.

Downloads

Published

2025-11-11